Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Dua Angka Dengan Media Kantonag Bilangan pada Siswa Kelas I-D SD Al-Islah Surabaya

Sholihah, Aula Da’watus (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Rohimah, Ainur (Unknown)
Isnainiyah, Isnainiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan dua angka dengan media kantong bilangan kelas I-D SD Al-Islah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar matematika, khususnya pada materi penjumlahan bilangan dua angka, dengan menggunakan media kantong bilangan di kelas I-D SD Al-Islah Surabaya. Dalam penelitian ini, terdapat empat tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, sesuai dengan metodologi PTK. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas I-D SD Al-Islah Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan evaluasi nilai peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kriteria Keberhasilan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah ≥ 75, dan penelitian berhasil mencapai 80% dari jumlah siswa. Hasil dari siklus I menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai 70, dengan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 15, yang setara dengan 53,57% dari 28 peserta didik. Pada siklus II, terdapat peningkatan lebih lanjut dalam rata-rata nilai menjadi 85. Dalam siklus ini, jumlah peserta didik yang mencapai KKM mencapai 23, yang menghasilkan 82,14% dari 28 peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan bilangan dua angka di kelas I-D SD Al-Islah Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...