Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam

Ais Isti’ana (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara teoretis integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis kajian pustaka. Dalam era digital yang semakin maju, penerapan teknologi dalam pendidikan telah menjadi kebutuhan yang mendesak, termasuk dalam konteks pendidikan Islam. Kajian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang relevan untuk memahami bagaimana teknologi dapat diintegrasikan secara efektif dalam kurikulum pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran, platform e-learning, dan media sosial, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, memperluas aksesibilitas materi ajar, serta memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa. Namun, penerapan teknologi juga menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur, kesiapan tenaga pendidik, dan resistensi budaya terhadap perubahan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan Islam memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, asalkan diimplementasikan dengan perencanaan yang matang dan dukungan yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...