Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Implementasi Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al- -PQ) Tingkat Diniyah di Kementerian Agama Kabupaten Karawang

Winda Komala (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mimin Maryati (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nida’ul Munafiah (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Karawang. Dengan menyoroti pentingnya penerapan sistem informasi manajemen dalam mendukung efisiensi dan efektivitas pengelolaan lembaga pendidikan Islam nonformal, khususnya Pendidikan Madrasah Diniyah di Kabupaten Karawang. Dengan kemajuan teknologi informasi, lembaga pendidikan dituntut untuk mengadopsi sistem informasi yang akurat dan terintegrasi guna memperbaiki kualitas pelayanan dan pengambilan keputusan. Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur’an (SIPDAR-PQ) diusulkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kompleksitas data dan administrasi pada lembaga Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menganalisis implementasi SIPDAR-PQ di Kementerian Agama Kabupaten Karawang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIPDAR-PQ mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi pengelolaan data serta memberikan dampak positif pada efisiensi administrasi dan akuntabilitas lembaga pendidikan. SIPDAR-PQ juga mendukung transparansi dan kemudahan akses informasi bagi lembaga pendidikan serta Kementerian Agama. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan mutu pendidikan Al-Qur’an di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...