Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Penerapan Teknik dan Interpretasi Solis Saxophone Dengan Repertoar Higher GroundLovely (Medley)

Siboro, Michael Paulus (Unknown)
Kustilo, Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Pertunjukan solis saxophone ini menyajikan repertoar Higher Ground Dan Is’nt She Lovely (Medley), yang dengan berani memantik ide pertunjukan dari konsep seni pertunjukan di Barat dan Timur. Hingga dewasa ini, tidak ada lagi waktu untuk memaknai suatu sajian seni pertunjukan, sehingga berdampak hilangnya kepuasan pribadi seperti kaum dadais dan surealis seperti di Amerika dan Eropa. Tujuan pertunjukan ini, adalah menyajikan repertoar solo saxophone yang bersifat teknis. Pendekatan yang digunakan berupa pedoman pembelajaran instrumen musik sebagai dasar pertunjukan, yaitu etude saxophone yang ditulis oleh Christian Lauba, merupakan landasan dalam mempersiapkan pertunjukan. Total durasi repertoar pertunjukan berkisar selama 5 menit 48 detik, dengan menerapkan teknik permainan seperti staccato, legato, arpeggio, altissimo, dan lainnya. Formasi penyajian yang digunakan adalah combo band dan big band, dengan penambahan instrumen lainnya. Maka, sifat komunikatif pada pertunjukan ini ialah keaktifan penonton dengan pertunjukan yang sedang ia saksikan, dan ekspresif dari pertunjukan ini adalah upaya dari kebebasan penyaji menentukan  penafsiran repertoar yang disajikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...