Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 72 Palembang

Ferni Wahyuni (Universitas PGRI Palembang)
Nora Surmilasari (Universitas PGRI Palembang)
Jayanti Jayanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membawa dunia pendidikan juga harus setara dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Sama halnya dengan media pembelajaran, yang mana media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam menunjang pendidikan seperti di dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu yang dapat digunakan dalam proses pemebajaran supaya pembelajaran menjadi lebih bervariasi serta membuat siswa aktif sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Bersarkan hasil analisis yang peneliti dapatkan, beberapa permasalahan disebabkan karena kurangnya penggunan media misalnya pembelajaran yang monoton, kurang pahamnya peserta didik terhadap materi pemebalajaran terutama pada mata pelajaran matematika. Sehingga dari beberapa permasalah tersebut peneliti melakukan pengembangan suatu produk media pembelajaran yaitu flipbook guna sebagai solusi dari permasalahan tersebut dan materi bangun ruang sebagai isinya. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari pengunaan media flipbook tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design,  Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitain ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 72 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sehingga hasil analisis data yang didapatkan melaluai 3 validator sebesar 89,16% yang masuk dalam kategori “sangat valid”. Selanjutnya melalui uji coba one to one, small group dan respon guru dinyatakan “sangat praktis” dengan perolehan nilai sebesar 89,28%. “sangat efektif” dengan skor 90,33% dari hasil uji lapangan melalui pemberian soal posttest.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...