Pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam menjadi isu sentral dalam upaya membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkualitas. Jurnal ini mengkaji secara mendalam relevansi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam dengan fokus utama pada pembahasan tentang pengertian pendidikan karakter, konsep pendidikan islam, dan pendidikan karakter dalam perspektif islam. Tujuan utama dari jurnal ini adalah untuk menjelaskan konsep-konsep dasar yang relevan serta untuk mengidentifikasi peran signifikan pendidikan karakter dalam membentuk generasi berkarakter Islami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinjauan literatur yang komprehensif untuk mengeksplorasi berbagai teori dan pandangan terkait. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan Islam memberikan landasan moral yang kuat bagi pendidikan karakter, sementara nilai-nilai seperti kejujuran, kesabaran, tolong-menolong, dan kasih sayang merupakan nilai-nilai karakter utama dalam Islam. Implementasi praktis dari pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan Islam diperlukan untuk memastikan nilai-nilai tersebut ditanamkan secara efektif dalam proses pembelajaran. Pembahasan dalam jurnal ini menggarisbawahi peran penting keluarga sebagai basis pertama dalam pembentukan karakter, peran sekolah dan lembaga pendidikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung, serta peran guru dan pendidik dalam mentransfer dan memperkuat nilai-nilai karakter kepada generasi muda. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang relevansi dan implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan Islam, diharapkan jurnal ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya bersama mencetak generasi yang tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat dan bermoral tinggi.
Copyrights © 2024