Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 7 Tebo

Sekar Mayang Hindriyani (Universitas Pgri Sumatera Barat)
Momon Dt. Tanamir (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ade Irma Suryani (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan kemandirian tinggi yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan peserta didik dengan kemandirian tinggi yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan kemandirian rendah yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan peserta didik dengan kemandirian rendah yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga, interaksi antara model pembelajaran flipped classroom dan kemandirian dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x2. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI (F) SMA N 7 Tebo yang berjumlah 118 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh; 1) Terdapat  perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan model konvensional dengan Fhitung sebesar 34,521 dan sig 0,00 < α 0,050,  2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar geografi siswa kemandirian tinggi yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung sebesar 30,877 dan sig 0,00 < α 0,050, 3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar geografi siswa kemandirian rendah yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung sebesar 15,719 dan sig 0,00 < α 0,050, 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran flipped classroom dan kemandirian belajar serta hasil belajar geografi dengan Fhitung sebesar 6321,014 dan sig 0,00 < α 0,050. Artinya hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajran flipped classroom dan kemandirian terhadap hasil belajar geografi di SMA N 7 Tebo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...