Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana peranan K.H. Hasbiyallah dalam pendidikan, bagaimana konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah, apa saja bentuk-bentuk pemikiran pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah Untuk mengetahui Kajian tentang konsep pendidikan para tokoh dan ulama, Bentuk-bentuk pemikiran K.H. Hasbiyallah, Konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah, Konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah yang merujuk pada tersebarnya lembaga atas nama Al-Wathoniyah dengan sejumlah 62 cabang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan metode library research dan studi tokoh heuristic yaitu Mengumpulkan informasi dan data tentang tokoh dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, surat kabar, arsip, dan sumber online. Peran K.H. Hasbiyallah dalam pendidikan tidak lepas dari sosok beliau sebagai ulama yang cinta dengan pendidikan. Hal ini dibuktikan dari kegigihannya dalam meneruskan dan mengembangkan lembaga pendidikan Al-Wathoniyah yang merupakan warisan dari leluhurnya. Perjuangannya untuk membawa masyarakat Klender lepas dari kejahilan (kebodohan). Beliau membangun lembaga pendidikan yang mengkombinasikan antara sistem pendidikan umum yang diadopsi dari IS (Indische School) dan pondok pesantren, kemudian kurikulum yang terapkan untuk Al-Wathoniyah sangatlah tepat sehingga banyak sekali menghasilkan generasi penerus ulama, kiyai, pejabat dan cendikiawan muslim.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024