Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Konsep Pendidikan Menurut K.H. Hasbiyallah

Putri Handayani (Universitas Islam Jakarta)
Ishak Syairozi (Universitas Islam Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana peranan K.H. Hasbiyallah dalam pendidikan, bagaimana konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah, apa saja bentuk-bentuk pemikiran pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah Untuk mengetahui Kajian tentang konsep pendidikan para tokoh dan ulama, Bentuk-bentuk pemikiran K.H. Hasbiyallah, Konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah, Konsep pendidikan menurut K.H. Hasbiyallah yang merujuk pada tersebarnya lembaga atas nama Al-Wathoniyah dengan sejumlah 62 cabang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan metode library research dan studi tokoh heuristic yaitu Mengumpulkan informasi dan data tentang tokoh dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, surat kabar, arsip, dan sumber online. Peran K.H. Hasbiyallah dalam pendidikan tidak lepas dari sosok beliau sebagai ulama yang cinta dengan pendidikan. Hal ini dibuktikan dari kegigihannya dalam meneruskan dan mengembangkan lembaga pendidikan Al-Wathoniyah yang merupakan warisan dari leluhurnya. Perjuangannya untuk membawa masyarakat Klender lepas dari kejahilan (kebodohan). Beliau membangun lembaga pendidikan yang mengkombinasikan antara sistem pendidikan umum yang diadopsi dari IS (Indische School) dan pondok pesantren, kemudian kurikulum yang terapkan untuk Al-Wathoniyah sangatlah tepat sehingga banyak sekali menghasilkan generasi penerus ulama, kiyai, pejabat dan cendikiawan muslim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...