Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Materi Jenis – jenis Usaha Ekonomi Masyarakat Kelas V SD

Salsyah Fitria Marhamah (Universitas PGRI Palembang)
Muhammad Idris (Universitas PGRI Palembang)
David Budi Irawan (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada materi jenis jenis usaha ekonomi masyarakat kelas V SD yang valid dan praktis dan untuk melihat efektivitas dari hasil pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada materi jenis jenis usaha ekonomi masyarakat kelas V SD. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi oleh validator mendapatkan nilai rata rata  sebesar 93,3 % dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan melalui uji coba perorangan dan kelompok kecil mendapatkan nilai rata rata 92% dengan kategori “ sangat praktis” kemudian hasil uji lapangan melalui hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata rata gain score sebesar 0,90 dengan kategori “sangat efektif“. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, uji kepraktisan dan uji lapangan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis project based learning pada materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat kelas V SD layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...