Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Yuyun Nova Riza (Universitas PGRI Palembang)
Rohana Rohana (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada penelitian adalah bahwa kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V di SDN 104 Palembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 104 Palembang. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan design yaitu nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104 Palembang. Sample pada penelitian ini adalah kelas V C dan V D masing-masing berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisis data diolah dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil kesimpulan analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...