Permasalahan yang dihadapi pada penelitian adalah bahwa kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V di SDN 104 Palembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 104 Palembang. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan design yaitu nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104 Palembang. Sample pada penelitian ini adalah kelas V C dan V D masing-masing berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisis data diolah dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil kesimpulan analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104 Palembang.
Copyrights © 2024