Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pembelajaran Musik Pengiring Bermas dalam Eksrakurikuler Dulmuluk di SMA Negeri Sumatera Selatan

Dika Reska (Universitas PGRI Palembang)
Hasan Hasan (Universitas PGRI Palembang)
Muhsin Ilhaq (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian “Pembelajaran Musik Pengiring Bermas Dalam Ekstrakurikuler Dulmuluk Di SMA Negeri Sumatera Selatan Palembang” adalah penelitian deskriptif tetang proses pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni Di SMA Negeri Sumatera Selatan. Kegiatan ekstrakurikuler ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dibidang seni untuk mencapai tujuan dari  pendidikan nasional. Penelitian ini dilakukan menggunakan medode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara dan, dokumentasi, terhadap pelaksanaan ekstrarakurikuler seni yang difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menguraikan deskripsi perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler disusun dengan baik dalam bentuk program kerja ekstrakurikuler. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pengelolaan kelas, metode pembelajaran, dan struktur materi yang baik. Selanjutnya evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkesinambungan disemua tahapan pembelajaran. Adapun hasil evaluasi tes praktik siswa menujukan hasil yang baik sesuai dengan capaian pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...