Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Penerapan Diferensiasi Asesmen pada Pendekatan Tarl Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Cacah Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya

Waqiah Nilam Wardani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Danang Prastyo (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rarasaning Setianingsih (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Achmad Fanani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rosmiati Rosmiati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Pada dasarnya, setiap peserta didik memiliki karakteristik, kebutuhan belajar dan kemampuan yang beragam. Dalam kurikulum merdeka, guru harus bisa merancang pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam. Dengan demikian diperlukan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Bukan hanya pada kegiatan pembelajaran, guru juga dapat menerapkan diferensiasi asesmen sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik dengan menggunakan pendekatan TaRL, sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai kemampuannya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan melaksanakan 2 siklus pembelajaran, teknik pengumpulan data menggunakan tes asesmen formatif dan teknik analisis data menggunakan skor. Sehingga didapatkan hasil perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 dalam penerapan diferensiasi asesmen. Dengan menerapkan diferensiasi asesmen pada pendekatan TaRL, dapat meningkatkan hasil belajar dan juga menghilangkan kesenjangan kemampuan peserta didik di kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...