Penelitian pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita terhadap hasil belajar siswa SD. Berdasarkan masalah yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena seringnya penyampaian guru yang kurang variatif pada saat proses pembelajaran, sehingga siswa tidak cukup berani untuk mengkomunikasikan pikiran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita terhadap hasil belajar siswa SD, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa SD setelah diajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita, (3) mendeskripsikan respon siswa pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita terhadap hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sasaran penelitian di SDN Rungkut Kidul II/581 Surabaya dengan jumlah 28 siswa teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan pengumpulan angket. Berdasarkan hasıl analisis data dan pembahasan, penulis memperoleh kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori terlaksana dengan presentase sebesar 100. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Rungkut Kidul II/581 Surabaya, mengenai pembelajaran inkuiri terbimbing di peroleh hasil "Sangat Baik" dengan hasıl analisis data total skor yang didapat yaitu sebesar 100%.
Copyrights © 2024