Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Keefektifan Model Pembelajaran P2OC2R untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA di SD

Lailatul Magfiroh (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Muslimin Ibrahim (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Asmaul Lutfauziyah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep IPA, pelaksanaan pembelajaran, dan kendala yang dihadapi. Latar belakang penelitian adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep sains. Materi yang dikembangkan meliputi bentuk bumi, perubahan permukaan bumi, dan siklus air pada kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian observasional untuk menilai keefektifan model pembelajaran P2OC2R. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen lembar observasi, tes penguasaan konsep, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran valid 100% dalam 4 kali pertemuan, dan penguasaan konsep dihitung dengan menggunakan 2 analisis, analisis pertama menghasilkan ketuntasan 0% pada pretest dan 3% ketuntasan pada posttest. Analisis kedua menghasilkan 4% siswa dalam kategori tinggi, 56% siswa dalam kategori sedang, 12% dalam kategori rendah, 20% dalam kategori tidak meningkat, 8% dalam kategori menurun. Kendala yang ditemui adalah kurangnya alat peraga, kurangnya alat dan bahan, serta keterbatasan waktu. Kesimpulannya model pembelajaran P2OC2R efektif dalam menyelesaikan penguasaan konsep IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...