Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Implementasi Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam Menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kearifan Lokal di SDN Ketintang I/409 Surabaya

Arnetta, Chesqi (Unknown)
Akhwani, Akhwani (Unknown)
Rulyansah, Afib (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi program "Sekolahe Arek Suroboyo" dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal di kalangan siswa. Program ini dirancang sebagai upaya untuk melestarikan dan memperkuat budaya lokal Surabaya melalui pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap pelaksanaan program di SDN Ketintang I/409 6Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Sekolahe Arek Suroboyo" digunakan Untuk mendeksripsikan implementasi Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam menumbuh kembangan karakter peserta didik pada nilai kearifan lokal di SDN Ketintang 1/409 Surabaya, untuk mengetahui nilai-nilai yang ditumbuhkembangkan dalam implementasi Sekolahe Arek Surobyo (SAS) di SDN Ketintang I/409 Surabaya, untuk mengetahui hambatan dalam mengimplementasikan Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam menumbuh kembangkan karakter peserta didik pada nilai kearifan lokal di SDN Ketintang 1/409 Surabaya. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan-kegiatan Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) berbasis kearifan lokal terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan rasa bangga terhadap budaya di Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...