Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Word Card dan Circ: Alternatif Solusi Mengeksplorasi Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Zahra Nafsa Anil Mijaya (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Afib Rulyansah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafi'ah Nafi'ah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak metode Word Card dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 B di UPT SDN 158 Gresik. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya, kedua metode ini efektif dalam memperkaya kosakata dan meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Word Card memfasilitasi pembelajaran mandiri, sedangkan CIRC memperdalam pemahaman teks. Penggunaan kombinasi metode memberikan hasil komprehensif. Penelitian ini menyarankan perluasan cakupan subjek dan studi longitudinal untuk memahami dampak jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...