Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Keterampilan Membaca Siswa SDN Kupang 3 Jabon

Nailul Maisyaroh (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafi'ah Nafi'ah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Pance Mariati (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Keterampilan membaca terutama untuk siswa sekolah dasar merupakan kemampuan dasar untuk memahami dan menginterpretasikan teks sederhana yang disesuaikan dengan tingkat usia mereka, termasuk mengenali kata-kata, memahami makna kalimat dan paragraf, serta menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata mereka sendiri, yang penting untuk membangun fondasi literasi yang kuat dan mendukung perkembangan akademik mereka di masa depan. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan membaca siswa SDN kupang 3 Jabon. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar bengaruh sebelum & sesudah diberi perlakuan dan pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Kupang 3. Dalam pengolahan data, menggunakan metode kuantitatif eksperimen pre-eksperimental yang didesain dalam bentuk one-group Pretest-Posttest Designdengan menggunakan program SPSS versi 26. Populasi penelitian siswa kelas 1 SDN Kupang 3 Jabon, berjumlah 9 siswa. Hasil nilai keterampilan membaca kegiatan prettest sebesar 88,88% dari 9 siswa yang belum tuntas 8, yang tuntas 1 siswa dengan jumlah 11,11%, sedangkan nilai postest 7 siswa yang tuntas sebesar 77,77%, 2 siswa tdk tuntas sebesar 22,22%. Hasil uji hipotesis uji t-test diperoleh signifikasi < 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...