Keterampilan membaca terutama untuk siswa sekolah dasar merupakan kemampuan dasar untuk memahami dan menginterpretasikan teks sederhana yang disesuaikan dengan tingkat usia mereka, termasuk mengenali kata-kata, memahami makna kalimat dan paragraf, serta menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata mereka sendiri, yang penting untuk membangun fondasi literasi yang kuat dan mendukung perkembangan akademik mereka di masa depan. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan membaca siswa SDN kupang 3 Jabon. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar bengaruh sebelum & sesudah diberi perlakuan dan pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Kupang 3. Dalam pengolahan data, menggunakan metode kuantitatif eksperimen pre-eksperimental yang didesain dalam bentuk one-group Pretest-Posttest Designdengan menggunakan program SPSS versi 26. Populasi penelitian siswa kelas 1 SDN Kupang 3 Jabon, berjumlah 9 siswa. Hasil nilai keterampilan membaca kegiatan prettest sebesar 88,88% dari 9 siswa yang belum tuntas 8, yang tuntas 1 siswa dengan jumlah 11,11%, sedangkan nilai postest 7 siswa yang tuntas sebesar 77,77%, 2 siswa tdk tuntas sebesar 22,22%. Hasil uji hipotesis uji t-test diperoleh signifikasi < 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Copyrights © 2024