EDUCATE : Journal of Education and Culture
Vol. 2 No. 03: September 2024

Pendidikan Dalam Perspektif Teori Sosiologi

Rudy Kurniawan (Universitas Sriwijaya Palembang)
Komputri Apria Santi (STAI Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya)
Ahmad Sopian (STAI Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek fundamental dalam kehidupan sosial yang memiliki peran penting dalam membentuk individu dan masyarakat. Dalam perspektif sosiologi, pendidikan tidak hanya dilihat sebagai proses transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai mekanisme yang berperan dalam pelestarian norma, nilai, dan struktur sosial. Melalui pendidikan, individu belajar tentang peran mereka dalam masyarakat dan bagaimana mereka harus berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, mempelajari pendidikan melalui lensa sosiologi membantu kita memahami bagaimana pendidikan berfungsi sebagai alat untuk reproduksi sosial, mobilitas sosial, dan perubahan sosial. Dalam tulisan ini, akan dibahas bagaimana pendidikan dianalisis dan dipahami dalam berbagai teori sosiologi, serta implikasinya terhadap struktur dan dinamika masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following ...