Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Alawiyah, Saudatul (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)
Ibrahim, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam membangun karakter generasi muda, terutama dalam konteks Indonesia. Membangun karakter dianggap penting karena merupakan elemen kunci dalam menjaga relevansi dan daya saing bangsa di tingkat global. Implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru sekolah dasar terhadap penguatan profil pelajar Pancasila yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap empat guru dari dua sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap kebijakan ini, dan mereka menganggap penguatan profil pelajar pancasila ini penting dalam membentuk karakter siswa. Namun, mereka juga menghadapi tantangan seperti kurangngnya konsistensi, media dan fasilitas yang memadai, dan kebutuhan pembaruan pengetahuan dan keterampilan guru. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar memerlukan dukungan yang lebih komprehensif agar dapat diimplementasikan secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...