Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Studi Komparasi Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya

Nabilah, Mazidatun (Unknown)
Djazilan, M.Sukron (Unknown)
Mariati, Pance (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi dan Role playing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya. Metode penelitian yangdigunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen I yang menggunakan metodedemonstrasi dan kelompok eksperimen II yang menggunakan metode pembelajaran role playing. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pengetahuan dan tes sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakanmetode pembelajaran demonstrasi sebesar 82,2, sementara rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode role playingsebesar 80,0. Metode pembelajaran demonstrasi lebih unggul dari metode role playing. Hasil uji t menunjukkan bahwa antarametode demonstrasi dan role playing sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode demonstrasi dan role playing terhadap hasil belajar siswa pada mataPelajaran PPKn siswa kelas IV di SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya dengan nilai signifikansi o,oo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...