Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Outdoor Learning dan Indoor Learning di Sekolah Dasar

Nashirin, Rohmatun (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Nafi'ah, Nafi'ah (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Kurangnya upaya guru untuk mengupdate dan memanfaatkan strategi pembelajaran kreatif dalam pemanfaatan lingkungan sekitar, yang menjadi faktor penyebab menurunnya minat dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh metode penyampaian materi yang monoton dan konvensional di dalam kelas, sehingga siswa kurang interaktif dan kreatif dalam memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis adatidaknya perbedaan hasil beilajar siswa keitika meineirapkan model pembelajaran discovery learning dengan metode indoor leiarning dan outdoor learning di seikolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control grup design. Sasaran penelitian di lakukan pada siswa kelas IV SDN Ngingas Waru, Sidoarjo tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil pretest dan postest menunjukkan bahwa pelaksanaan model discovery learning dengan metode outdoor learning dapat memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode indoor learning. Kesimpulan menunjukkan bahwa perbandingan dari 2 kelompok ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...