Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian pesan dalam pelaksanaan pembelajaran. Media yang dijelaskan jika tepat mampu menghilangkan kebosanan sehingga peserta didik termotivasi dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah media pembelajaran Fun Thinkers Book. Penelitian ini bertujuan untuk meinghasilkan meidia peimbeilajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam materi peirubahan kondisi bumi keilas V. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Disain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, tes dan angket. Instrumen wawancara diperoleh dari hasil tanggapan guru dan siswa, sedangkan instrumen angket diperoleh dari validasi ahli media, ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan skor 91% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapat skor dengan presentase 80% yang termasuk dalam kategori layak. Kemudian hasil uji coba siswa di kelas menggunakan pre-test dan post-test yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dari hasil N-Gain yang menunjukkan kategori sedang. Dengan demikian bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bapuh Bandung.
Copyrights © 2024