Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengaruh Aplikasi Tux Paint untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Lukis pada Peserta Didik Kelas V di SDN Lakarsantri I Surabaya

Firdaus, Dian Nita (Unknown)
Mariati, Pance (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)
Rahayu, Dewi Widiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya dengan memanfaatkan penggunakan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan peserta didik dalam menggambar dan mengembangkan kreativtas mereka menggunakan aplikasi Tux Paint. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi mengetahui dan membandingkan kemampuan dan kreativitas seni lukis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Tux Paint. Penelitian ini. menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V yang diberikan perlakuan penggunaan aplikasi Tux Paint selama tiga kali pertemuan. Hasil Penelitan menunjukkan bahwa nilai Rata-rata pretest adalah 69,38 sedangkan nilai posttest 75,00 menunjukkan perandingan perbedaan sebesar 5,62. Hasil Uji Normalitas Kolomogorov-Smirnov menunjukkan nilai pretest 0,200 dan nilai posttest 0,003. Sedangkan Uji Shapiro-Wilk menunjukkan nilai pretest 0,496 dan nilai posttest 0,009. Uji Hipotesis Wilcoxon penggunaakan aplikasi Tux Paint diperoleh 0,011 menunjukkan hasil lebih kecil dari α = 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dari beberapa hasil Uji diatas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan setelah menggunakan aplikasi Tux Paint.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...