Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dibantu oleh paper mode quiziz terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 78 Palembang. Minat belajar adalah langkah awal bagi siswa dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa, yang mencakup kesiapan, minat, dan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 78 Palembang dengan subjek penelitian adalah kelas IV.A yang terdiri dari 25 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi yang dibantu oleh paper mode quiziz dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase minat belajar siswa pada pra-siklus sebesar 64,44% (kategori kurang), pada siklus I sebesar 83,6% (kategori baik), dan pada siklus II mencapai 90,48% (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantu paper mode quiziz dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 78 Palembang.
Copyrights © 2024