Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Analisis Konten Video Akun Instagram @talkinfrench Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pelafalan Bahasa Prancis A1

Chelsea Nathania Hawsindy (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yuliarti Mutiarsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ariessa Racmadhany (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian mengenai analisis media pembelajaran alternatif untuk pelafalan bahasa Prancis A1 dengan menggunakan media sosial Instagram. Kajian ini dilakukan untuk menambah media yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran pelafalan bahasa Prancis. Penelitian ini membahas (1) isi materi yang terdapat dalam video @talkinfrench; (2) mengidentifikasi kesesuaian antara materi video denganĀ  CECRL. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dalam melakukan penelitian ini yaitu (1) mencari data, teori yang relevan, (2) analisis materi video, dan (3) mengidentifikasi kesesuaian materi dalam video dengan CECRL. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat tema dan segmen yang beragam dalam video akun Instagram @talkinfrench dan juga terdapat 85% kesesuaian materi dalam video dengan CECRL. Tetapi masih ada 4 materi pelafalan yang tidak terdapat dalam unggahan video akun @talkinfrench.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...