Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang kurang aktif untuk mencari informasi sendiri dari sumber lain, kemudian peserta didik cenderung hanya duduk, mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru dan peserta didik yang aktif mengemukakan pendapat hanya beberapa anak saja.. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase F Sosial SMAN 2 Tebo yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proposional random sampling sehingga didapatkan 36 peserta didik. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka diperoleh hasil bahwa: (1) Hubungan kreativitas terhadap hasil belajar geografi Fase F di SMAN 2 Tebo berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kreativitas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bawa nilai sebesar 4,851 > 2,032. (2) Hubungan aktivitas belajar terhadap hasil belajar geografi Fase F di SMAN 2 Tebo berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa aktivitas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai sebesar -10,437 > sebesar 2,032. (3) Hubungan kreativitas dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar geografi Fase F di SMAN 2 Tebo berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kreativitas dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bawa nilai didapatkan hasil nilai yang dihasilkan sebesar 56,282 > 3,28 .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024