Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Flash Cards di Sekolah Dasar

Iis Aprinawati (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Afriza Rahma Rani (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 163 Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) yang didukung oleh penggunaan flash cards. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 22 siswa dan data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, meskipun terdapat keterbatasan seperti hambatan penyesuaian jadwal, kurangnya jumlah pengamat, dan tidak digunakannya lembar observasi khusus untuk model CIRC. Meskipun demikian, temuan ini mengindikasikan bahwa model CIRC dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...