Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Vol. 6 No. 2 (2024): Bulletin of Counseling and Psychotherapy

Efikasi Diri Akademik Sebagai Mediator Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Rantau

Sahertian, Eunike Adelya Elaina (Unknown)
Rikumahu, Marchya Carina Exaudy (Unknown)
Manuhutu, Venessya (Unknown)
Sopaheluwakan, Jil Eltha (Unknown)
Huwae, Arthur (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Mahasiswa rantau cenderung menghadapi permasalahan yang lebih berat dari mahasiswa bukan rantau dan juga tekanan psikologis yang tidak sama, salah satunya adalah stres akademik.Masalah yang dihadapi ini membuat mahasiswa rantau memerlukan dukungan social serta efikasi diri akademik untuk membantu mengurangi stres akademik yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, terhadap stres akademik pada mahasiswa rantau yang dimediasi oleh efikasi diri akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain regresi mediator. Sebanyak 792 mahasiswa rantau yang dijadikan partisipan dalam penelitian dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan The Student Life Stress Inventory, The Academic Self-Efficacy Scale (TASES), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hasil analisis menunjukkan bahwa jalur a yaitu dukungan sosial berpengaruh positif terhadap efikasi diri akademik (β = 22,816; p<0,01), jalur b yaitu efikasi diri akademik berpengaruh negatif terhadap stres akademik (β = -3,749; p<0,01), jalur c yaitu dukungan sosial tidak berpengaruh secara langsung terhadap stres akademik (β = -0,728; p>0,05), dan jalur c’ yaitu dukungan sosial berpengaruh terhadap stres akademik yang dimediasi oleh efikasi diri akademik β = 14,953, p<0,01).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bocp

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Other

Description

The BOCP aims to provide a platform for examining and discussing issues in counseling, psychotherapy, and other related topics. It invites submissions from diverse perspectives and approaches, including those from developing countries. The journal aims to promote ongoing dialogue and discourse on ...