Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja kepala sekolah dan guru dalam aspek standar pengelolaan, standar proses, dan standar penilaian sesuai dengan Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, penelitian dilakukan di 3 sekolah di kecamatan Lhoksukon yakni SMP Negeri 1 Lhoksukon, SMP Negeri 5 Lhoksukon, dan SMP negeri 6 Lhoksukon. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah dari ketiga sekolah bidang standar pengelolaan telah memenuhi standar nasional pendidikan, kinerja guru dari ketiga sekolah yang dilakukan penelitian telah memenuhi aspek proses dan aspek penilaian yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Copyrights © 2024