Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura

Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Adi Admoko (Universitas Negeri Malang)
Radeni Sukma Indra Dewi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura dalam pendidikan karakter di sekolah dasar, dengan fokus pada peran guru sebagai model perilaku dan penggunaan teknologi digital. Teori Pembelajaran Sosial menekankan pentingnya observasi dan pemodelan dalam pembentukan karakter serta pengembangan self-efficacy siswa. Studi ini mengidentifikasi bahwa meskipun teori Bandura memiliki potensi besar untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan karakter, penerapannya di sekolah dasar di Indonesia masih belum optimal. Penggunaan teknologi digital sebagai alat pendukung pembelajaran sosial-kognitif juga menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan analisis dokumen untuk meninjau literatur yang relevan, kebijakan pendidikan, dan praktik penerapan teori Bandura di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pelatihan guru, fleksibilitas kurikulum, dan integrasi teknologi secara strategis diperlukan untuk mengoptimalkan penerapan teori ini. Rekomendasi strategis diberikan untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis observasi dan interaksi sosial di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...