Penelitian ini mengeksplorasi proses pengambilan keputusan kepala sekolah SDN 13 Pasar Remaja dalam meningkatkan prestasi ekstrakurikuler tahfidz. Menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru PAI, orang tua, dan siswa, serta studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa kepala sekolah mengidentifikasi dan menetapkan masalah secara sistematis, menetapkan kriteria keputusan dengan melibatkan guru tahfidz, dan mengalokasikan bobot untuk kriteria tersebut. Proses ini mencakup pengembangan dan evaluasi alternatif keputusan secara proaktif, dengan mempertimbangkan dampak dan konsekuensi dari setiap alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan yang diambil berdampak positif terhadap peningkatan prestasi tahfidz, dengan peningkatan jumlah juara dan lulus ujian tahfidz dari tahun ke tahun. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan terstruktur dan kolaboratif dalam pengambilan keputusan untuk mencapai hasil yang efektif dalam pendidikan ekstrakurikuler.
Copyrights © 2024