Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Al – Mujahidin Cikarang Utara

Ananda Nurfadilah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ajat Rukajat (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses rekrutmen tenaga pendidik di MTs Al-Mujahidin dengan fokus pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Al-Mujahidin memulai proses rekrutmen dengan menganalisis kebutuhan pendidikan untuk menentukan jumlah dan jenis mata pelajaran yang diperlukan, sehingga ada kesesuaian antara keahlian guru dan kebutuhan sekolah. Prosedur rekrutmen mengikuti persyaratan standar, di mana semua pelamar diharuskan memiliki gelar sarjana tanpa kriteria tambahan, memastikan kesempatan yang adil dan setara. Informasi mengenai lowongan pekerjaan disebarluaskan melalui media sosial dan jaringan lain untuk memaksimalkan jangkauan. Pengorganisasian proses rekrutmen dipimpin oleh Kepala Madrasah, dengan dukungan dari Pembantu Kepala Madrasah, yang bertanggung jawab atas tugas-tugas seperti menilai berkas lamaran dan kelayakan calon. Pelaksanaan melibatkan penerapan strategi dan kebijakan rekrutmen agar sesuai dengan tujuan pendidikan. Pengawasan sistematik memastikan bahwa proses rekrutmen mematuhi standar yang ditetapkan dan mencakup tindakan koreksi jika diperlukan. Pengawasan yang efektif sangat penting untuk memilih pendidik yang berkualitas dan meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Mujahidin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...