Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Strategi Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Cibitung

Karmah, Karmah (Unknown)
Maryati, Mimin (Unknown)
Munafiah, Nida'ul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan strategi supervisi klinis oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Cibitung. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini memanfaatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi supervisi klinis yang diterapkan oleh kepala sekolah telah secara signifikan meningkatkan kinerja guru, terutama dalam mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan kreatif. Keberhasilan ini terlihat dari penerapan model pembelajaran berbasis permainan yang telah meningkatkan keterlibatan siswa meskipun beban tugas cukup berat. Namun, tantangan masih ada, karena beberapa guru masih menggunakan metode mengajar yang monoton, dan beberapa siswa kurang termotivasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun supervisi klinis merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan, diperlukan evaluasi berkelanjutan dan pendekatan personal untuk mengatasi kebutuhan individual guru. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang strategi kepemimpinan yang efektif dalam lingkungan pendidikan dan memberikan wawasan untuk meningkatkan program pengembangan profesional guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...