Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024

Implementasi Metode Al-Miftah Berbasis Flipped Classroom dalam Pembelajaran Kitab Kuning

Kholifah Al-Faruq Fathurrohman (Universitas Garut)
Ijudin Ijudin (Universitas Garut)
Nenden Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kitab kuning merupakan istilah pada buku referensi yang menjelaskan kandungan hukum dan ajaran Islam dalam bahasa Arab dan biasa dikaji di pondok pesantren. Terdapat berbagai cara untuk mempelajari kitab kuning, salah satunya dengan metode al-miftah lil ulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam mengenai penerapan metode al-miftah lil ulum di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin Tarogong Kidul Garut dengan mengadopsi sistem modern yaitu melalui model flipped classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif, dan survei. Data dikumpulkan dan diolah berdasarkan triangulasi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode al-miftah lil ulum yang diterapkan dengan model flipped classroom di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman santri dalam membaca kitab kuning. Dengan demikian, penelitian ini akan mendukung inovasi pembelajaran kitab kuning modern dengan teknologi informasi secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...