Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024

Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Memoderasi Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK

Nur Widiyawati (Unknown)
Suparji Suparji (Unknown)
I Gusti Putu Asto Buditjahjanto (Unknown)
Lilik Anifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Sesuai kurikulum pembelajaran SMK yaitu “Pembelajaran Kewirausahaan” seorang siswa harus memiliki efikasi diri dan dukungan keluarga agar dapat menjadi seorang wirausaha dan siap menghadapi segala tantangan dalam perjalanannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausalitas dan teknik analisis data pengujian kualitas data, pengujian hipotesis, dan pengujian interaksi (Moderated Regression Analysis/MRA) terhadap 100 responden, untuk mengetahui peran pembelajaran kewirausahaan dalam memoderasi self-eficacy dan dukungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK Kabupaten Pacitan. Berdasarkan temuan penelitian, dukungan keluarga dan self-eficacy berdampak positif terhadap kesiapan berwirausaha. Hal ini berarti semakin besar dukungan dari anggota keluarga, semakin besar kepercayaan diri dalam berwirausaha. Pembelajaran kewirausahaan dapat berdampak pada self-eficacy untuk kesiapan berwirausaha, meskipun self-eficacy tidak hanya diperoleh melalui sekolah formal. Namun self-eficacy dapat dipengaruhi oleh usia, kepercayaan diri, pola asuh orang tua, dan lingkungan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...