Patria Educational Journal
Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024

Pengembangan media spinning wheel perkalianpada materi perkalian bilangan cacah untuk meningkatkan self-efficacy

Zulfa, Indana (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Sa'diyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Matematika dianggap menjadi pelajaran yang sulit dan berbau dengan angka. Banyak siswa yang tidak memahami materi perkalian dikarenakan kurangnya penggunaam media saat pembelajaran sehingga siswa siswa tidak peraya diri dalam menjawab soal perkalian, untuk itu media SINGHLER adalah media yang sesuai dengan karakteristik siswa yang diselingi dengan permainan dalam belajarnya agar tidak bosan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media SINGHLER serta mengukur peningkatan Self-efficacy siswa kelas II pada materi perkalian bilangan cacah di SDN 3 Nglebeng Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 92%, dari ahli media memperoleh presentase 94%, dan dari guru mendapat presentase 98%, hasil pengukuran Self-efficacy siswa kelas II meningkat dengan kategori sedang dengan nilai 0,65 yang diukur menggunakan N-Gain. Sehingga bisa disimpulkan media SINGHLER layak untuk digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...