Patria Educational Journal
Vol 4 No 2 (2024): Volume 4 Nomor 2 Juni 2024

Penerapan pembelajaran proyek berbasis masalah dalam pendidikan olahraga: Meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa

Susilo, Eko Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Pembelajaran Proyek Berbasis Masalah (PBJL) dalam pendidikan olahraga dan mengevaluasi dampaknya terhadap keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta pengembangan keterampilan penting lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas XI di MAN 3 Blitar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBJL mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran yang kurang terstruktur, menunjukkan perlunya dukungan tambahan dari guru sebagai fasilitator. Temuan ini memberikan wawasan tentang penerapan PBJL yang efektif dalam pendidikan olahraga dan mengidentifikasi tantangan serta peluang dalam proses tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...