Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 19, No 3 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 3 WAJO

Nurul Ulfiah (Universitas Negeri Makassar)
Pariabti Palloan (Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas ketercapaian pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 3 Wajo Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dalam penerapan model PBL diintegrasikan dengan simulasi PhET pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Untuk mengukur ketercapaian pemahaman konsep fisika digunakan instrumen tes yang telah dikembangkan sebanyak 22 butir soal berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan model PBL mengalami peningkatan yang signifikan dan berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2023