Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil self-leadership pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket yang dilakukan dengan cara memberikan 22 butir pertanyaan tertulis kepada 62 responden. 22 Butir pertanyaan tersebut mencakup tiga dimensi self-leadership yaitu dimensi strategi yang berfokus pada perilaku efektif, dimensi strategi reward alami, dan dimensi strategi pola berpikir konstruktif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat tiga indikator memperoleh hasil sangat baik yaitu penilaian diri sebesar 81%, disiplin diri sebesar 78%, dan penciptaan suasana menyenangkan sebesar 81%. Sedangkan terdapat lima indikator memperoleh kategori baik yaitu peraturan pribadi sebesar 75%, pemberian penghargaan terhadap diri sendiri sebesar 61%, pemberian hukuman terhadap diri sendiri sebesar 62%, penciptaan pola pikir sebesar 66%, dan penciptaan pola pikir sebesar 76%. Adapun secara keseluruhan gambaran self-leadership pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang mencakup 62 mahasiswa sebagai respondeng memperoleh persentase sebesar 73% yang berada pada kategori baik.
Copyrights © 2024