Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7 No 1 (2024): Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa

Qurrota A'yun (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Muhibbah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Deasy Yunika Khairun (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
09 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 1 Pandeglang sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok, pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik homeroom dalam mengembangkan kecerdasan emosional di kelas XI MAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode praeksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI berjumlah 217 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 3 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) skor kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan treatment masih tergolong rendah, (2) skor kecerdasan emosional siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom (3) terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...