Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 1 Pandeglang sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok, pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik homeroom dalam mengembangkan kecerdasan emosional di kelas XI MAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode praeksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI berjumlah 217 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 3 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) skor kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan treatment masih tergolong rendah, (2) skor kecerdasan emosional siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom (3) terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Copyrights © 2024