Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah setelah diterapkan permainan tradisional bisa berpengaruh secara signifikansi terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar siswa SD N 06 Rambang Kuang. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain rancangan one group pretest-posttest, dengan populasi terbatas yang mengambil 1 kelas yaitu kelas IV dan sampel berjenis purvosive sampling dengan pertimbangan tertentu yang sebanyak 16 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dimana dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji-t didapatkan sebuah nilai thitung > ttabel (8,529 > 1,753) dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05, maupun pada taraf P-Value (0,000 < 0,05) dan hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan motorik kasar siswa SD N 06 Rambang Kuang.
Copyrights © 2023