Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada upaya meningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri Mangkura II Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 34 orang, di mana siswa laki-laki sebanyak 16 orang dan siswa perempuan sebanyak 18 orang. Sampel ini diambil dengan menggunakan total sampling. Analisis dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti bersama pengamat merefleksi hasil observasi terhadap proses pembelajaran oleh guru (peneliti) dan peserta didik. Hasil data kualitatif catatan di kelas diolah menjadi kalimat-kalimat yang berarti dan dianalisis secara kualitatif. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanankan dengan 2 siklus. Analisis data menggunakan teknik secara urut dari cara mendapatkan data, penyajian data, penarikan pada hasil kesimpulan. Dimana langkah awal yang dilakukan adalah observasi awal dan mengumpulkan data secara deskriptif dengan menerapkan teknik presentase untuk mengukur tingkat pencapaian ketuntasan belajar, dengan acuan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan murid pada (Prasiklus) hanya 5 murid yang tuntas dengan presentase 14,70%, (siklus I) ada 15 murid yang tuntas denganp resentase 44,12%, (siklus 2) Ada 32 murid yang tuntas dengan presentase 94,12%. Jadi kesimpulannya, dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli mini pada murid kelas V SD Mangkura II Makassar dengan dengan media sasaran (Target Game) dapat meningkat secara signifikan.
Copyrights © 2023