Studi ini membahas hubungan yang signifikan antara aspek motorik dan kognitif dalam konteks pendidikan jasmani melalui tinjauan literatur yang komprehensif. Fokus utama penelitian adalah pada pembelajaran aktif melalui gerakan, sebuah pendekatan yang mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam kurikulum pendidikan jasmani dengan tujuan memahami implikasi dan dampaknya terhadap perkembangan kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan pendekatan studi literatur. Artikel yang digunakan sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah adalah artikel terbitan antara tahun 2013 sampai dengan tahun 2023. Adapun yang menjadi sumber informasi dalam artikel ini berasal dari berbagai artikel yang ada di google scholar, elsevier, dan researchgate, dengan menggunakan kata kunci pendidikan jasmni, aktivitas fisik dan aspek motori-kognitif. Hasil penelitian literatur ini mengindikasikan bahwa integrasi gerakan dalam pembelajaran jasmani dapat memiliki efek positif pada kognisi siswa, termasuk peningkatan kemampuan berfikir kreatif, pemecahan masalah, dan perolehan pengetahuan. Dengan mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam kurikulum pendidikan jasmani dengan fokus pada perkembangan kognitif siswa menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan pendidikan holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024