J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Vol. 4 No. 1 (2024): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service

PELATIHAN APLIKASI CANVA UNTUK MEDIA AJAR DAN INFORMASI DIGITAL PADA GURU SEKOLAH

Loneli Costaner (Universitas Lancang Kuning)
Guntoro (Universitas Lancang Kuning)
Lisnawita (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Kemajuan dunia pendidikan juga tidak terlepas dari peran teknologi yang mampu membantu proses pembalajaran yang cepat dan smart serta menarik. Sekolah Menengah Kejuruan swasta (SMKS) Ibnu Taimiyah salah satu yang memiliki beberapa bidang ilmu sehingga dapat mendidik para pelajar hingga memiliki keterampilan dibidang masing masing jurusan. Selain aktifitas pembelajaran yang optimal dilakukan untuk kemajuan para pelajar, guru juga harus mampu beradaptasi dengan kemajuan dalam mengelola bahan ajar dan informasi yang mudah dipahami oleh pelajar, dimana setiap awal semester guru harus menjelaskan beberapa bahan ajar. Beberapa kasus terjadi pelajar kurang tertarik dan tidak focus jika hanya diterangkan melalui melalui hardcopy maupun ditampilkan melaui infocus dengan tampilan yang monoton. Sehingga ketika dikonfirmasi kembali berkaitan dengan bahan ajar yang sudah disampaikan tidak dapat dijawab dengan memuaskan. Disisi lain informasi yang diberikan kepada siswa juga jarang mendapatkan perhatian oleh pelajar, karena hanya berbasis teks saja yang dikirim melalui whatsapp group. Melihat kondisi media belajar dan informasi yang masih berbasis text yang kurang mendapatkan perhatian yang baik oleh lingkungan sekolah, maka diperlukan sebuah cara baru untuk mengubah cara yang menoton menjadi lebih visual dan menarik pehatian pelajar dengan harapan pelajar mendapatkan pengajaran dan informasi yang baik. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan cara menyampaikan pemahaman aplikasi canva beserta pelalatan yang dapat digunakan, selanjutnya mintra akan berikan pelatihan dan pendampingan bangaimana menggunakan aplikasi canva yang menarik dan mudah diimplementasikan, mitra akan diberi manual book agar sewaktu waktu terlupa dapat melihat kembali cara mengelola bahan ajar maupun informasi yang menarik. Pendampingan dilakukan diawali dengan meminta mitra mengisi form pretest untuk mengetahui tingkat pemahaman awal dalam menggunakan peralatan canva kemudian setelah selesai pelatihan mitra diminta untuk memberikan umpan balik berupa form posttest guna mengukur tingkat kemajuan mitra. Tujuan dalam pengabdian ini bagaimana memberikan peningkatan penggunakan teknologi aplikasi canva bagi guru sehingga dapat membuat media belajar dan informasi menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcoscis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science Social Sciences

Description

J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning sebagai media publikasi jurnal pengabdian untuk menyalurkan pemahaman tentang aspekaspek ilmu komputer dan teknologi ...