UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 13 No. 2 (2024)

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Sulistina, Oktavia (Unknown)
Andhini, Adwina Retno (Unknown)
Mahmudah, Hanifah Ariani (Unknown)
Al Maudrey, Levina Inggrid (Unknown)
Wahyuni, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Pembelajaran kimia pada tingkat SMA memuat adanya praktikum yang merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan pemahaman pada siswa mengenai suatu materi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mendorong berbagai upaya pembaruan untuk pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran virtual lab. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan virtual lab terhadap peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran kimia dan kontribusinya terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dari beberapa artikel dan jurnal. Virtual lab merupakan media pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran secara tidak langsung yang memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia. Media pembelajaran ini menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan dan memudahkan pemahaman materi. Virtual lab mampu memberikan dampak positif terhadap pemahaman kognitif, pemahaman konseptual, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan efikasi diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...