Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen, yang dilaksanakan di SDI Nurul Karomah. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV dengan teknik pengumpulan data sebanyak 4 indikator dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil antara kelas kontrol dan kelas ekperimen lebih unggul kelas eksperimen dalam peningkatan hasil belajar, aktivitas dan respon peserta didik, serta keterlaksanaan pembelajarannya. Perolehan hasil belajar peserta didik pada pretest di kelas kontrol dan kelas eksperimen dikategorikan rendah dengan rata-rata 74 dan 75. Setelah menggunakan LKPD pada kelas eksperimen, hasil belajar peserta didik dikategorikan sangat tinggi dengan rata-rata 96,25 pada minggu pertama dan 97,5 pada minggu kedua, dan pada kelas kontrol dikategorikan juga sangat tinggi dengan perolehan rata-rata 92,5 pada minggu pertama dan 96,25 pada minggu kedua. Aktivitas dan respon peserta didik pada kedua kelas dikategorikan sangat baik dan positif. Keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas dikategorikan baik dengan presentase kelas eksperimen sebesar 83,3% dan kelas kontrol sebesar 80%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.
Copyrights © 2024