Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis kemampuan siswa kelas IX dalam memecahkan masalah HOTS materi bentuk aljabar yang ditinjau dari kecerdasan linguistik yang dimiliki. Subjeknya yaitu 5 siswa yang memang telah dikategorikan menurut tingkatan dari hasil tes kecerdasan linguistiknya. Namun ketika penelitian dilakukan, hanya empat siswa yang sesuai dengan kategori tingkatan kecerdasan linguistiknya, diantaranya tingkat sangat tinggi, tingkat tinggi, tingkat sedang, tingkat rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kecerdasan linguistik, tes soal HOTS Aljabar, observasi dan wawancara semi struktur. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan menggunakan observasi, wawancara dan hasil tes. Dari hasil penelitian ini diperoleh 1) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik sangat tinggi, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 2) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik tinggi, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 3) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik sedang, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 4) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik rendah, dikatakan belum mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6.Kata kunci :Aljabar ;Kecerdasan Linguistik ; Kemampuan Memecahkan Masalah HOTS
Copyrights © 2024