Jurnal Visual
Vol 19 No 2 (2024)

Analisa Perkembangan Cosplay Pada Generasi Z Di Indonesia Sebagai Potensi Kurikulum Peminatan DKV : Studi Materi Pembelajaran Cosplay

Chandra, Edy (Unknown)
Darmo, Budi (Unknown)
Leony, Cherane (Unknown)
wilona, vira (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Cosplay merupakan sebuah proses bermain dan berkreasi imajinasi dengan sebuah kostum. Cosplay sendiri telah menjadi sebuah bagian dari budaya popular yang berkembang hingga ke pelosok Indonesia. Perkembangan cosplay di Indonesia telah mempengaruhi aspek komunitas, industri kreatif, pariwisata, kreativitas & ekpresi diri, serta media sosial & influencer. Peluang terhadap aspek kreativitas & ekpresi diri telah membuka peluang perkembangan terhadap generasi Z potensi terhadap proses kurikulum materi cosplay. Melalui metode penelitian kualitatif akan ditemukan sebuah fakta dari hasil wawancara kepada beberapa informan, yaitu pembahasan mengenai jenjang dan tahapan cosplay dalam jejaring sosial masyarakat. Jejaring berupa jenjang sebuah proses cosplayer Selain itu gambaran umum secara garis besar kurikulum pembelajaran cosplay secara global. Yang dapat memanfaatkan minat dan kecenderungan siswa terhadap budaya populer untukmeningkatkan keterlibatan dan pembelajaran mereka di kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

visual

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Visual berperan sebagai media yang menampilkan berbagai pemikiran sivitas akademika dan peneliti tentang hal-hal yang memiliki konteks dan relevansi dengan bidang seni rupa dan desain, sekaligus sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan pada umumnya, ...