Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran yang dilakukan selama ini masih dilakukan secara konvesional menggunakan metode ceramah sehingga siswa lebih memilih untuk menjadi pendengar daripada harus membaca sebuah buku. Hal ini tentu menghasilkan masalah baru yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam hal literasi dan numerasi. Dari permasalahan yang telah dijabarkan diatas, maka peneliti berinisiatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media interaktif berbasis game edukasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal membaca dan menghitung. Melalui pengembangan ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri dalam hal literasi dan numerasi. Keunggulan yang didapat dari adanya media pembelajaran ini yaitu menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga memotivasi siswa untuk lebih aktif. Tujuan peneliti ini adalah Terdapatnya Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi yang layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan Literasi Dan Numerasi pada siswa SD kelas II Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan suatu model yang didalamnya merepresentasikan tahapan-tahapan secara sistematika (tertata) dan sistemis. Populasi dan sampl penelitian adalah seluruh kelas IIA yang berjumlah 32 orang dan di mana sampel nya hanya mengambil 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukasi yang valid dan dapat digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata validasi sebesar 74%, hasil keperaktisan siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi memperoleh persentase 80% dan hasil respon siswa siswa terhadap media pembelajran interaktif berbasis game edukasi memperoleh presentase 80%.Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi di nyatakan valid dan layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023