JHT: Journal of Hospitality and Tourism
Vol 2, No 2 (2024): Journal of Hospitality and Tourism

ANALISIS IMPROVEMENT STANDARD OPERATING PROCEDURE DALAM PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN DI CIL ROOM CAFÉ

Edwin Haryadi (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Nisa Rahmaniyah Utami (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Wildan Rahadian (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Cafe terdapat departement yaitu food and beverage product department, dengan section yang bertugas sebagai pengolah makanan di café yaitu kitchen section. Kitchen berperan penting terhadap kualitas kebersihan dan kesehatan dalam berbagai macam hidangan, untuk menghidangkan makanan yang bersih dan terjaga kesehatannya bahan makanan harus disimpan, dirawat sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SOP yang dilakukan oleh CIL Room Café Bogor dan perbaikan (improvement) yang dapat diupayakan untuk menjaga kualitas bahan makanan di bagian kitchen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses penyimpanan bahan makanan di kitchen CIL Room café Bogor menggunakan standar yang telah ditetapkan contohnya seperti selalu melakukan pengecekan bahan makanan yang berada dalam tempat penyimpanan, serta penempatan bahan bahan makanan yang juga perlu diperhatikan dalam proses penyimpanannya. Saran bagi café agar lebih mengawasi karyawan dalam melakukan langkah-langkah penerapan SOP tempat penyimpanan bahan makanan yang sesuai. Kata Kunci: CIL Room Café Bogor, improvement, penyimpanan bahan makanan, kitchen 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Hospitality and Tourism (JHT) is a journal which is published by the Center of Research and Community Service of Politechnics Harapan Bersama Tegal. practitioners and academics, professionals, educators, lecturers and students who are interested in contributing and sharing studies and ...